Budaya Pulang Kampung

Menariknya hari raya di Indonesia selalu disugukan dengan berita-berita acara pulang kampung, apalagi berita TV dan media lainnya selalu memberikan informasi hangat bagi para penontonya. Budaya pulang kampung terjadi sudah bertahun-tahun lamanya yang diwariskan nenek moyang kita. Merantau berarti pergi ke negeri orang dengan tujuan mencari sesuatu atau mencari nafkah demi keluarga yang ditinggalkan di kampung.

Kegiatan pulang kampung yang paling ramai adalah disaat lebaran tiba dimana para perantau meninggalkan kota selama mereka bekerja. Selama di perantauan pastinya akan terasa beda sekali dengan kampung halaman, karena kampung halaman merupakan tempat kelahiran yang selalu dinantikan selama pergi. Nah, jika ingin mudik hendaknya melakukan persiapan-persiapan untuk perjalanan yang kita tempuh dan berhati-hatilah, usahakan jangan lengah dimana pun berada.

Ketika mudik atau pulang kampung uniknya selalu membawa barang-barang bawaan seperti oleh-oleh, pakaian baru dan lain-lain. Banyak yang mengatakan kalau tidak mudik akan terasa hampa sekali, karena itu sebuah ajang untuk berkumpul dengan keluarga. Dimana dengan melakukan pulkam kita akan bersilaturahim dengan tetangga-tetangga sebelah atau pun kerabat terdekat.

Meskipun ongkos mudik pada saat itu naik drastis, kadang tidak merasa terbebani karena pulkam merupakan sudah kewajiban setiap orang demi bertemu seseorang yang menanti kita, bahkan  ada yang jauh-jauh hari memesan tiket agar perjalanan lancar sampai tujuan. Pengalaman adalah guru terbaik, soalnya bila tidak mempersiapkan diri sejak dini kita akan disibukan dengan kemacetan, antrian panjang sehingga perjalanan bisa terganggu. Selamat pulang kampung ya…..


One Comment on “Budaya Pulang Kampung”

  1. aha berkata:

    emang pulang kampung itu sangat menarik dan sangat ditunggu-tunggu. 😀


Tinggalkan komentar