Bertemu Lagi Dengan Shalat Tarawih 2011

Pengertian Sholat Tarawih

Shalat tarawih ialah shalat malam yang dikerjakan pada bulan Ramadhan. Shalat ini hukumnya sunat muakkad, boleh dikerjakan sendiri atau berjamaah. Dilakukan sedudah sholat isya sampai waktu fajar. Sholat sunat ini disebut juga “qiyaamu Ramadhan”. Bilangan raka’atnya yang pernah dilakukan oleh Rasulullah saw ada delapan raka’at. Umar bin khaththab mengerjakaannya sampai 20 raka’at.

Ada dua cara untuk melaksanakannya shalat tarawih yaitu; dua raka’at disertai salam, dan empat raka’at disertai salam. Setelah shalat tarawih hendaknya diteruskan dengan shalat witir, sekurang-kurangnya satu rakaat. Tetapi umumnya dikerjakan tiga raka’at dengan dua salam dan boleh pula dikerjakan tiga rak’at satu salam.

Surat yang dibaca sesudah Al-Fatihah pada tiap-tiap raka’at boleh mana saja yang kita kehendaki. Umpamanya mulai dari surat At-Takatsur ( Al hakumut takatsur…) sampai surat Al-Lahab (Tabbat yadaa abii lahabin…), sedang pada rakaat kedua setelah membaca Al- Fatihah boleh dibaca sembarang surat, tetapi diutamakan surat Al-Ikhlas.

Niat Sholat Tarawih

Ushallii sunnatat tarawiihi rak’ataini (makmuuman/imaaman) lillaahi ta’aalaa.

” Aku niat mengerjakan sholat sunnat tarawih dua rakaat (sebagai makmum/imam) karena Allah ta’ala.”

Itulah sebagian kecil pengertian sholat tarawih, mari kita tingkatkan amalan di bulan suci tahun sekarang 2011/Ramadhan 1432 H, bulan yang penuh berkah bagi umat islam di seluruh dunia. Semoga Allah memberikan ganjaran kepada kita semua, amiin.



Tinggalkan komentar