Sahur…Sahur…Sahur

Sahur pertama di bulan ramadhan tahun kali ini tepat malam 1 Agustus 2011, biasanya waktu sahur sangat ditunggu-tunggu oleh umat muslim khususnya yang menjalankan perintah Allah SWT. Sahur menggantikan sarapan kita sehari-harinya, karena akan melakukan puasa itulah sarapan atau makan pagi jadi dimajukan. Biasanya sahur pertama hidangannya selalu yang lezat-lezat dan nikmat-nikmat, tentunya itu bagi orang-orang yang memiliki kemapuan untuk membeli lauk pauk spesial. Tapi yang paling indah itu sajiannya masih bersifat sederhana tidak seperti orang yang poya-poya. “Sesiapa yang ingin berpuasa maka bersahurlah dengan sesuatu” (Riwayat Ahmad, disahihkan dengan syawahid). Nah dengan apa saja kita sahur asalkan masih halal lagi baik tidak dianjurkan pula berlebih-lebihan.

Bagi muslim yang akan melakukan puasa semestinya harus bersahur dulu agar puasa lancar sampai beduk adzan maghrib. “Bersahurlah, sesungguhnya pada sahur itu ada keberkatan”. (Riwayat al-Bukhari dan Muslim).

Barokah adalah sesuatu yang mustahak dalam kehidupan ini. Insan mungkin memiliki berbagai perkara, tetapi jika ianya tidak diberkati Allah, maka segala kebaikan yang diharapkan akan hilang. Mencari keberkatan adalah suatu yang teramat penting dalam hidup ini. Dalam sahur itu ada keberkatan buat puasa yang bakal dilaksanakan dan kehidupan individu yang berpuasa secara umumnya. Semoga kita memperolehinya agar puasa kita diridhoi Allah dan tentunya harus berusaha pula menjadi insan yang baik.

Sahur di Indonesia sering pula disugukan hiburan-hiburan televisi dan siraman rohani, dengan memperbanyak menonton/mendengarkan siraman rohani sewaktu sahur kita akan mendapatkan ilmu atau manfaat yang banyak. Bagi  yang selalu membuat makanan/hidangan sahur jangan pernah takut kesiangan karena kegiatan-kegiatan membangunkan di waktu sahur sangat ramai sekali. Apalagi dengan kegiatan bedug keliling bisa membantu dan bisa membangunkan orang-orang yang sedang terlelap tidur. Sahur…sahur…sahur..biasanya teriakan itulah yang sering terdengar setahun sekali dalam satu bulan. Kapan lagi kita melakukan kegiatan itu dan tentunya dengan menunggu setahun lamanya agar bisa bertemu kembali.



Tinggalkan komentar